Peluang Usaha Rumahan Kerajinan Kandang Ayam dan nyaman bambu


Peluang Usaha Rumahan Kerajinan Kandang Ayam dan nyaman bambu- Perkembangan zaman belum pasti senantiasa meninggalkan product hasil perkembangan tempo dulu. kerajinan bambu di antaranya.
dengan makin meningkatnya beragam jenis type bahan material serta memiliki bentuk, nyatanya tidak dan merta kurangi ketertarikan penduduk dapat product warisan zaman dulu, contohnya yaitu kerajinan bambu kandang ayam serta anyaman bambu. walau demikian untuk mendapatkan bahan baku saat membuat kandang ayam, layaknya anyaman kawat serta besi juga tidak terlampau sukar.
kerajinan anyaman bambu, peluang usaha kerajinan anyaman


walau demikian, dengan kemajuan yang ada tersebut nyatanya product kerajinan dengan bahan baku bambu tetap mempunyai peminat yang cukup banyak. contohnya gedheg yang disebut anyaman bambubaik dengan motif atau polos jadi daya tarik tersendiri untuk orang-orang spesifik untuk memakainya sebagai bahan dinding serta plafon.
susilo mugi raharjo, lelaki paruh baya ini sudah menggeluti usaha ini sejak duduk di bangku sd sampai saat ini. awal usahanya di tempat bantul, area kelahirannya. saat ini sudah buka cabang di lokasi sleman yang sudah jalan sepanjang 20 th. dengan dibantu anak laki-lakinya.
konsumen
pelanggan susilo rata – rata beberapa pengagum ayam, mereka yang beli umumnya orang – orang yang memelihara ayam di tempat tinggal atau beberapa pengusaha ternak ayam. disamping itu konsumennya besaral dari beberapa pedagang pakan ayam, yang umumnya mengajak hubungan kerja susilo untuk menitipkan product kandang ayam di usaha kepunyaannya.
informasi produk
beberapa jenis produknya diantaranya kandang ayam, dengan model kotak serta baterei ( untuk ayam petelur ). namun untuk kandang ayam jago model lingkaran, anyaman bambu ( bermotif serta polos ) serta kerei, dipasok oleh pengrajin lain didalam sebulan meraih 20 buah. kadang-kadang susilo juga terima pesanan pembuatan gazebo serta tempat tinggal bambu, terlebih dari usaha tempat tinggal makan.
kapasitas produksi kandang ayam model kotak atau box dengan 1 area didalam sebulan meraih 25 buah, namun untuk model tingkat dengan 4 area meraih 6-7 buah per bln..
disamping itu susilo juga melayani pesanan pembuatan kandang baterei untuk ayam petelur, paling akhir pesanan yang dikerjakannaya meraih 2000 buah kandang. product gedheg, anyaman bambu dengan motif atau polos, didalam sebulan minimal terima pesanan 20-60 mtr. serta optimal sampai beberapa ratus mtr.. gedheg dipasok oleh pengrajin bambu dari desa jethak serta nanggulan.
namun untuk bahan baku bambu didapatkan dari magelang, purworejo serta muntilan. keperluan bambu didalam tiap-tiap bulannya apabila situasi sepi keinginan cuma memerlukan bambu sejumlah 2 rit ( 1 truk ) serta apabila didalam situasi banyak keinginan dapat meraih 4 rit. harga 1 rit bambu rp 2juta.
tak hanya bambu, diperlukan kayu reng sebagai tiang atau kaki-kaki kandang serta kebutuhannya dapat meraih 4 bokok atau sejumlah 100 buah per bln. dengan beragam ukuran panjang.
harga kayu reng 1 bokok pada rp 32. 000 ( ukuran panjang 1 mtr. ), rp45. 000( panjang 1. 5 m ) serta rp 95. 000 ( ukuran 2 mtr. ). pemakaian ukuran panjang kayu reng sesuai model serta ukuran kandang yang dapat dibikin.
sistem produksi
pada sistem produksinya, susilo dibantu anaknya serta apabila ada keinginan cukup banyak maka susilo menggunakan tenaga kerja borongan dari bantul. untuk kandang kotak atau box, biaya tenaga kerja borongan rp 15. 000/buah namun untuk kandang baterei biaya borongan rp3000/buah. sistem pembuatan kandang cukup sederhana.
bambu serta kayu reng dipotong sesuai dengan ukuran standar yang sudah ditentukan, contohnya sisi kerangka serta sisi jeruji mempunyai ukuran tersendiri. jika kandang adalah pesanan spesial, umumnya customer mengajukan gambar design sendiri.
potongan bambu dipaku sampai membentuk dinding jeruji dengan bingkainya lantas dinding tersebut dipaku pada kayu reng sebagai kaki-kakinya. janganlah lupa siapkan pada di antara segi dinding untuk penempatan pintu kandang.
pemasaran
product kandang buatan susilo banyak dibeli oleh pedagang-pedagang kandang eceran di lokasi jogja. tak hanya penampilannya yang cukup rapi, konstruksinya juga cukup kuat. susilo tidak dulu mempekerjakan karyawan tak hanya tenaga kerja borongannya untuk melindungi standar mutu.
product anyaman bambu banyak memperoleh pesanan dari pengusaha tempat tinggal makan di lokasi jogja, namun kerei telah memiliki pelanggan di sebagian kota, contohnya jakarta. pemasaran yang dikerjakan susilo tetap dengan manual dari mulut ke mulut, untuk beroleh pesanan dari konsumennya.
berlebihan usaha
usaha ini tetap belum banyak yang menggerakkan, lantas persaingan bisnisnya belum terlampau tinggi. disamping itu modal yang diperlukan juga tidak terlampau besar, dikarenakan alat yang dipakai cuma peralatan 1 hari – hari layaknya gergaji, pisau, paku, kawat serta bambu saja. tidak memerlukan mesin atau alat yang harga nya mahal, hingga siapapun dapat coba usaha tersebut.
kekurangan bisnis
hambatan saat menjalankan usaha kerajinan ini sesungguhnya tidaklah terlampau banyak, yakni sulitnya bahan baku bambu cuma insidental terlebih pasca gempa bumi jogja di mana banyaknya keperluan bambu untuk pembangunan tempat tinggal, pengelolaan usaha yang kurang baik, terlebih kurang tertibnya pada pembukuan keuangan bikin kesusahan didalam peningkatan modal untuk pengembangan usaha. hingga sekarang ini, susilo tetap belum dapat mengembangkan cabang usahanya dikarenakan hambatan tersebut.
kunci sukses
supaya usaha kerajinan bambu anda bisa jalan dengan sukses, baiknya anda cermati mutu product yang di tawarkan. makin rapi kerajinan yang dihasilkan, makin besar juga ketertarikan customer dapat product anda. disamping itu meskipun anda menggerakkan usaha kecil, kelola usaha tersebut dengan professional. supaya usaha anda yang awal mulanya kecil, bisa berkembang serta bukan sekedar jalan di area.

No comments:

Post a Comment