Peluang Usaha Rumahan Ternak Ayam Potong


Peluang Usaha Rumahan Ternak Ayam Poton -Daging ayam adalah daging favorit di negara kita, dikarenakan nyaris 100% orang indonesia senang makan daging ayam. hingga melakukan bisnis ternak ayam potong adalah peluang yang amat bagus untuk dikembangkan. sekian waktu yang lantas, usaha ayam potong pernah alami kemunduran saat flu burung menempa dunia. banyak pengusaha ayam potong yang gulung tikar dikarenakan daging ayam jadi “tersangka” utama hingga mengakibatkan orang takut mengkonsumsi daging ayam lagi. saat ini isu flu burung telah perlahan menghilang, inilah prospek cerah untuk beternak ayam potong yang mulai menguat kembali.
peluang usaha ayam potong, budi daya ayam potong

Konsumen Ayam Potong
Beberapa besar penduduk suka daging ayam, konsumennya lalu manjangkau dari anak – anak, anak muda, sampai orang tua. disamping itu banyak usaha makanan serta restoran yang menggunakandaging ayam sebagai bahan baku usaha mereka. lantas tak hanya customer perorangan, usaha ini juga mempunyai peluang hubungan kerja dengan usaha yang memiliki bahan baku daging ayam. disamping itu banyak juga penduduk yang tertarik dengan usaha peternakan ayam broiler ini, penjualan bibit ayam lalu juga bisa jadikan sebagai tambahan pendapatan usaha tersebut.
Informasi produk AyamPotong
ayam yang umum dikembangkan sebagai ayam potong yaitu ayam ras pedaging atau broiler. ayam ras pedaging tersebut adalah type ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang mempunyai daya produktivitas tinggi, terlebih saat memproduksi daging ayam. disamping itu ayam broiler juga meiliki berlebihan dikarenakan cuma dengan waktu 5-6 minggu telah dapat dipanen. dengan waktu pemeliharaan yang relatif singkat serta beruntung, maka banyak peternak baru dan peternak musiman yang bermunculan diberbagai lokasi indonesia.
untuk mengawali usaha di bidang ternak ayam ini, persiapan fasilitas, prasarana, serta peralatan mesti optimal. perihal yang butuh di perhatikan diantaranya :
1. kandang
sistem perkandangan yang ideal untuk usaha ternak ayam ras yakni :
- kriteria temperatur berkisar pada 32, 2-35ยบ c
- kelembapan berkisar pada 60-70%
- penerangan/pemanasan kandang sesuai dengan aturan yang ada
- tata letak kandang supaya memperoleh cahaya matahari pagi serta tidak melawan arah mata angin kencang
- model kandang sesuai dengan umur ayam, untuk anakan hingga umur 2 minggu atau 1 bln. menggunakan kandang box, namun untuk ayam remaja ± 1 bln. hingga 2 atau 3 bln. menggunakan kandang box yang dibesarkan serta untuk ayam dewasa dapat dengan kandang postal atapun kandang baterai.
2. peralatan
- litter ( alas lantai )
alas lantai/litter mesti didalam situasi kering, maka tak ada atap yang bocor serta air hujan tak ada yang masuk walau angin kencang. tidak tipis litter setinggi 10 cm, bahan litter digunakan campuran dari kulit padi/sekam dengan sedikit kapur serta pasir secukupnya, atau hasil serutan kayu dengan panjang pada 3–5 cm untuk pengganti kulit padi/sekam.
- indukan atau brooder
alat ini berupa bundar atau persegi empat dengan areal periodeuan 1-3 m dengan alat pemanas di dalam. manfaatnya layaknya induk ayam yang menghangatkan anak ayamnya saat baru menetas.
- area bertengger
area bertengger untuk area istirahat/tidur, dibikin dekat dinding serta diusahakan kotoran jatuh ke lantai yang mudah dibersihkan dari luar. dibikin tertutup supaya terhindar dari angin serta letaknya lebih rendah dari area bertelur.
-tempat makan, minum serta area grit
area makan serta minum mesti ada cukup, bahannya dari bambu, almunium atau apa saja yang kuat serta tidak bocor juga tidak berkarat. untuk area grit dengan kotak khusus
- alat-alat yang lain
alat-alat teratur terhitung alat kesehatan ayam layaknya : suntikan, gunting operasi, pisau potong operasi kecil, dan sebagainya.
pembibitan
ternak yang dipelihara sebaiknya mencukupi kriteria seperti berikut :
a. ternak sehat serta tidak cacat pada fisiknya
b. perkembangan serta perubahannya normal
c. ternak datang dari pembibitan yang dikenal keunggulannya.
d. tak ada lekatan tinja di duburnya.
penentuan bibit serta calon induk
ada sebagian dasar tehnis untuk memilih bibit/ doc ( day old chicken )/ ayam umur 1 hari :
a. anak ayam ( doc ) datang dari induk yang sehat.
b. bulu terlihat halus serta penuh dan baik pertumbuhannya.
c. tidak ada kecacatan pada tubuhnya.
d. anak ayam mempunyak nafsu makan yang baik.
e. ukuran badan normal, ukuran berat badan pada 35-40 gram.
f. tak ada letakan tinja diduburnya.
sesaat untuk pemberian minum sesuai dangan umur ayam yang dikelompokkan didalam 2 ( dua ) fase yakni :
a. fase starter ( umur 1-29 hari ), keperluan air minum terbagi lagi pada tiap-tiap minggu, yakni minggu ke-1 ( 1-7 hari ) 1, 8 lliter/hari/100 ekor ; minggu ke-2 ( 8-14 hari ) 3, 1 liter/hari/100 ekor, minggu ke-3 ( 15-21 hari ) 4, 5 liter/hari/100 ekor serta minggu ke-4 ( 22-29 hari ) 7, 7 liter/hari/ekor. lantas jumlah air minum yang diperlukan hingga umur 4 minggu adalah
sejumlah 122, 6 liter/100 ekor. pemberian air minum pada hari pertama sebaiknya diberi tambahan gula serta obat anti stress kedalam air minumnya. banyaknya gula yang didapatkan yaitu 50 gram/liter air.
b. fase finisher ( umur 30-57 hari ), terkelompok didalam tiap-tiap minggu yakni minggu ke-5 ( 30-36 hari ) 9, 5 liter/hari/100 ekor, minggu ke-6 ( 37-43 hari ) 10, 9 liter/hari/100 ekor, minggu ke-7 ( 44-50 hari ) 12, 7 liter/hari/100 ekor serta minggu ke-8 ( 51-57 hari ) 14, 1 liter/hari/ekor. lantas keseluruhan air minum 30-57 hari sejumlah 333, 4 liter/hari/ekor.

Kelebihan usaha Ayam potong
usaha ternak ayam adalah di antara usaha yang membuahkan omset dengan keuntungan yang cukup besar. maka tidaklah kaget lagi bila usaha ini banyak diminati beberapa pencari usaha. disamping itu menggerakkan usaha ini juga mempunyai waktu yang relative cukup enjoy, lantas usaha ini tidak mengganggu aktivitas 1 hari – hari anda.
Kekurangan usaha Ayam potong 
saat merawat ayam dibutuhkan tehnik serta pengetahuan yang pas perihal peternakan. dikarenakan beternak ayam tidaklah mudah, dikarenakan takaran makan, minum, luas kandang dan lingkungan kandang juga mesti sesuai supaya ayam bisa tumbuh dengan baik. dikarenakan banyaknya penyakit layaknya flu burung, serta penyakit ayam yang lain bisa mengancam usaha anda.

Pemasaran Usaha Ayam Potong
untuk pemasaran usaha anda, bisa dipromosikan mlalui pemasaran dari mulut ke mulut. selain itu anda juga dapat bekerja bersama dengan usaha pemotongan ayam atau menitipkan anak ayam anda pada penjual bibit ayam, serta menitipkan telur pada beberapa supplier telur. namun ingat, cermati senantiasa perbandingan telur serta anak ayam yang dijual dengan stock yang dapat diternakan usaha anda. hingga usaha anda tidak kehabisan stock bibit ayam yang diternakan.

No comments:

Post a Comment