Peluang Usaha Beternak Bebek Untungnya Terus Mengiurkan


Peluang Usaha Beternak Bebak Untungnya Terus Mengiurkan- Sejauh ini kita mengetahui bebek sebagai hewan yang mempunyai banyak sumber daya. tak hanya telur serta dagingnya yang digemari beberapa orang, kotoran bebek juga dapat digunakan sebagai pupuk. keperluan dapat ketersediaan daging serta telur bebek juga amat tinggi. banyak warung yang tetap skala kaki lima ataupun restoran ternama berlomba-lomba menghidangkan menu olahan daging serta telur bebek. peluang tersebut yang sepanjang ini ditelateni ayah endro heri purwanto ( 39 ) membangun usaha peternakan bebek.
Peluang usaha beternak bebek, Usaha ternak bebek

didapati di rumahnya kamis ( 28/4 ), ayah endro mengaku telah menggerakkan usaha beternak bebek sejak th. 2006. “saya lihat bahwa beternak bebek tetap menjanjikan, tingkat mengonsumsi penduduk yang tinggi tidak sepadan dengan kapasitas daging serta telur di pasaran, ” terang security sesuatu showroommobil populer itu. atas basic tersebut, pada th. tersebut pak endro beli 50 ekor bebek betina untuk diternakkan serta di ambil telurnya. menurut dia beternak bebek tidaklah sukar, cuma dibutuhkan ketekunan didalam pemberian pakan serta melindungi mutu perawatan. “bebek itu mempunyai karakter mudah stress, hingga bila telah stress mengakibatkan produksi telurnya akan alami penurunan mencolok, ” tambah pak endro.
pak endro beli bebek yang siap bertelur dari pasar klaten serta pasar prambanan. harga bebek siap bertelur rp. 55. 000, 00/ ekor ; sesaat untuk bebek yang telah bertelur rp. 50. 000, 00/ ekor. bebek-bebek tersebut diletakkan didalam kandang tertutup yang dibagi jadi 3 plong ( partisi sisi ). “masing-masing plong kami isi optimal 60 ekor bebek betina, ” jelas ayah satu orang putra tersebut. dianggap pak endro, bebek mempunyai produktivitas tinggi didalam bertelur. tiap-tiap hari tiap-tiap bebek dapat bertelur sejumlah 1 butir. “umur 7-8 bln. bebek telah teratur didalam bertelur, apalagi ada yang hingga umur 12 bln. tetap saja produktif bertelur, ” kata pak endro perihal produktivitas bebek.

Langkah beternak bebek
Pergantian cuaca jadi factor mutlak didalam pemeliharaan bebek petelur. menurut pak endro, bebek yang hidup kandang lebih senang di letakkan pada tanah kering, sesaat untuk bebek umbaran ( bebek angon didalam bhs jawa ) lebih suka area yang basah. “saat musim kemarau produktivitas bebek kandang amat tinggi, sesaat waktu musim hujan dipastikan dapat berlangsung penurunan yang penting, ” tambah pak endro dilokasi kandangnya dusun klampok rt 01/ 24 sendangtirto berbah sleman. sekarang ini dengan situasi cuaca yang tidak menentu, pak endro alami kesusahan saat memperhitungkan tingkat produktivitas bebek-bebek peliharaannya.
tak hanya cuaca, pakan juga mempunyai fungsi cukup besar didalam produktivitas bebek petelur. sepanjang ini, pak endro berikan pakan berbentuk bekatul serta konsentrat. “dalam 1 hari, kami berikan pakan 9 kg bekatul serta 2 kg konsentrat untuk bebek 50 ekor, ” jelas pak endro. pakan-pakan tersebut digabung didalam satu adonan untuk lantas diberikan 2 kali didalam 1 hari yakni pagi serta sore hari. untuk bebek kandang yang umumnya tanpa pejantan, mutu pakan jadi amat mutlak untuk melindungi produktivitas serta mutu telur-telur yang dihasilkan. serta sepanjang 5 th. menggerakkan usaha ternak bebek tersebut, pak endro mengakui bila komposisi pakan yang sepanjang ini diberikan pada bebek-bebeknya tetap tergolong standar. “banyak konsentrat yang mempunyai mutu semakin bagus, tetapi dikarenakan keterbatasan modal sepanjang ini kami berikan pakan yang standar-standar saja, ” akui pak endro


Harga telur bebek mentah yang di pasarkan pak endro yaitu rp. 1. 150, 00/ butir. tetapi harga tersebut dapat beralih bila telah tiba ke tangan penjual yang ada di pasar. “dalam 1 hari, tiap-tiap bebek berikan keuntungan bersih rp. 300, 00 hingga didalam 1bulan rata-rata kami beroleh omzet 1 jutaan, ” makin ayah yang mengaku belajar beternak bebek dari pamannya tersebut.

Saat menjalankan usaha ternak bebeknya itu, pak endro alami yang namanya pasang surut sesuatu usaha. “paling kronis saat berlangsung erupsi merapi akhir th. tempo hari, dampak belerang dari hujan abu merapi bikin bebek stress hingga tidak ingin bertelur hingga terpaksa kami ganti dengan bebek baru yang lebih fresh, ” kata pak endro. di akhir wawancaranya, beliau membagi panduan usaha untuk orang yang pingin beternak bebek. “yang sangat mutlak didalam beternak bebek yaitu orang yang berikan makan janganlah gonta-ganti agar bebek tidak stress, disamping itu mutu pakan mesti jadi prioritas, terlebih untuk bebek kandang supaya produktivitas telur terus tinggi, ” tutur pak endro sekalian menutup wawancara sore itu.

No comments:

Post a Comment